Dalam ujian seleksi penerimaan CPNS, kemampuan Anda benar-benar diuji karena harus bersaing dengan ribuan pelamar untuk mendapatkan satu kursi PNS. Oleh karena itu, persiapan matang disertai doa kepada Allah SWT menjadi syarat mutlak sebelum Anda “bertanding” mengikuti tes CPNS.  Berikut ini kami berikan tip trik lulus tes CPNS untuk Anda.

A. Tip Lulus Tes CPNS Melalui Persiapan Tepat

1. Persiapan Umum Menghadapi Ujian CPNS.

  1. Jauh hari sebelum bulan-bulan penyelenggaraan ujian CPNS, Anda sudah mempersiapkan kemampuan Anda. Caranya dengan mengetahui jenis-jenis soal yang sering diujikan. Selanjutnya, melatih diri mengerjakan soal CPNS dalam berbagai bentuk. Dengan demikian, Anda akan terbiasa mengerjakan soal dengan tepat dan cepat. Malah, mungkin Anda menemukan trik tertentu untuk menjawab tipe suatu soal.
  2. Ketahui seluk-beluk instansi pemerintah yang mengadakan ujian seleksi. Bisa saja soal-soal yang menyangkut instansi tersebut atau bidang yang Anda tuju ditanyakan, baik dalam ujian tulis maupun wawancara.
  3. Persiapkan kepribadian yang positif, jujur, teliti, dan sederhana. Ini penting, khususnya untuk menghadapi tes wawancara (jika ada) karena gerak-gerik dan sikap Anda dinilai. Selain itu, sikap ini berguna di masa mendatang jika Anda terjun ke masyarakat.
  4. Ikuti berita terkini, baik dengan membaca buku, media visual, maupun tulis. Seringkali, beberapa instansi mengeluarkan soal-soal menyangkut perkembangan terbaru.
    Selain pengayaan materi ujian yang baik,fisik dan mental juga harus dipersiapkan. Kedua-duanya penting untuk menunjang kesuksesan Anda menghadapi ujian CPNS.

2. Persiapan Fisik Menghadapi Tes CPNS

  1. Beristirahatlah yang cukup sebelum menghadapi ujian. Diharapkan satu hari sebelum ujian, Anda sudah tidak lagi berkutat dengan latihan soal. Jadikan hari itu untuk merilekskan tubuh dan pikiran. Malam harinya, jangan tidur sampai larut. Dengan demikian, esok harinya kondisi badan Anda fresh dan siap menghadapi ujian.
  2. Hindari minum obat menjelang ujian, apalagi obat yang berefek samping, seperti mengantuk, mual, dan jantung deg-degan. Pastinya, hal tersebut akan membuyarkan konsentrasi Anda saat mengerjakan soal.
  3. Bagi Anda yang tidak terbiasa minum kopi, hindari mengonsumsinya di malam menjelang ujian atau esok paginya. Efek sampingnya bisa membuat Anda susah tidur dan jantung berdebar-debar.
  4. Jaga stamina dengan melakukan olahraga rutin dan makan makanan bergizi. Hal ini sangat membantu Anda tampil prima di hari H sehingga konsentrasi Anda untuk mengerjakan soal dengan optimal.
  5. Sarapan pagi menjelang ujian. Hal ini membuat stamina Anda tetap fit dan semakin berkonsentrasi menghadapi ujian.

3. Persiapan Mental Menghadapi Tes CPNS

  1. Pupuk selalu kepercayaan diri Anda menghadapi ujian jika memang Anda telah melakukan persiapan matang. Hilangkan mental minder karena materi ujian yang sudah Anda siapkan menjadi sia-sia.
  2. Singkirkan dahulu masalah-masalah yang sedang Anda hadapi. Fokuskan pikiran dan mental untuk menghadapi ujian. Prioritaskan ujian karena ini menyangkut masa depan Anda.
  3. Hilangkan perasaan cemas dan khawatir. Yakin bahwa dengan persiapan yang matang, sebagian kesuksesan sudah di tangan Anda.
  4. Jika Anda masih belum bisa menguasai perasaan cemas dan khawatir, coba tarik dan buang napas perlahan serta konsentrasikan pikiran Anda. Cara ini membantu pikiran Anda tenang dan rileks.
  5. Sebelum mulai mengerjakan soal, berdoalah kepada Allah SWT agar diberikan kelancaran dan kesuksesan dalam mengerjakan soal. Pasrahkan kepada-Nya sehingga pikiran dan hati Anda tidak terbebani.
  6. Fokuskan pikiran dan hati pada soal-soal ujian. Tetaplah tenang. Jangan terpancing dengan situasi dan kondisi di sekitar Anda karena akan merugikan Anda sendiri.

Setelah Anda mengetahui modal dasar menghadapi ujian CPNS, Anda juga perlu mempersiapkan hal-hal teknis menjelang dan saat ujian. Berikut ini tip-tip yang tidak boleh Anda abaikan.

  • Jika tempat ujian masih asing bagi Anda, lakukan orientasi tempat sehari atau dua hari menjelang ujian untuk memprediksi waktu yang dibutuhkan ke tempat ujian. Jangan sampai Anda terlambat gara-gara mencari tempat ujian terlebih dahulu. Pastinya ini akan membuyarkan konsentrasi Anda dalam mengerjakan soal ujian.
  • Bawa alat tulis yang memadai. Jika penilaian menggunakan sistem komputer, pastikan pensil 2B yang Anda gunakan asli. Bawa juga pensil dan pulpen cadangan. Jika boleh menggunakan kalkulator atau alat tulis lain, pastikan baterainya hidup dan jangan lupa bawa baterai cadangan.
  • Datanglah 30 menit sebelum ujian. Dengan demikian, masih ada waktu bagi Anda untuk mempersiapkan mental dan fisik.
  • Jauhi peserta lain yang masih sibuk belajar karena bisa membuat kepercayaan diri Anda turun dan konsentrasi Anda buyar. Lebih baik Anda duduk santai atau baca bacaan yang menyenangkan agar suasana hati Anda rileks.
  • Jika tempat duduk tidak ditentukan, pilih kursi yang membuat Anda nyaman, mampu berkonsentrasi dengan baik, serta bisa mendengarkan arahan dari pengawas ujian.
  • Baca petunjuk mengerjakan soal dengan teliti. Jangan sampai Anda salah memahami perintah yang bisa berakibat fatal. Jika kurang jelas, bertanyalah kepada pengawas.
  • Baca soal dengan teliti dan tenang. Kerjakan soal yang mudah dahulu, baru ke soal-soal yang kategorinya sulit. Jangan berkutat dengan soal yang sulit karena Anda akan kehabisan waktu. Jika sudah selesai dan masih ada waktu, periksa kembali, utamakan pada jawaban yang ragu-ragu. Jika penilaiannya tidak menggunakan sistem minus maka sebisa mungkin jawablah semua soal. Jangan memberi komentar yang tidak perlu atau tertawa saat ujian sudah dimulai. Hal ini bisa membuat pengawas menilai Anda tidak layak menjadi PNS, disamping mengganggu peserta ujian lain.
  • Jangan berbuat curang dengan mencontek atau bertanya kepada peserta kanan-kiri. Yakin bahwa Anda mampu. Ini juga bisa merugikan Anda sendiri karena Anda bisa dicoret sebagai peserta ujian.
  • Sebelum menyerahkan lembar jawaban ke pangawas, periksa sekali lagi kembali identitas dan jawaban Anda.

B. Trik Lulus Tes CPNS Melalui Strategi Menjawab Soal Tes CPNS Secara Tepat

Karena persaingan memperebutkan posisi PNS saat ini sangat ketat, Anda perlu menguasai trik-trik jitu mengerjakan bentuk-bentuk soal CPNS. Berikut ini trik-trik dan strategi menjawab soal tes CPNS.

  • Untuk mengerjakan soal bahasa Indonesia, ingat selalu penggunaan huruf kapital, penulisan penyingkatan gelar, huruf miring, tanda baca titik (.), koma (,), titik koma (;), titik dua (:), tanda hubung (-), dan tanda tanya (?). Selain itu, Anda perlu tahu kata dasar dan imbuhannya serta kata baku dan serapan.
  • Untuk mengerjakan soal bahasa Inggris, selalu ingat pola-pola dasar tenses, baik untuk present, past, maupun future. Kuasai vocabulary (kosa kata) serta kalimat pasif dan aktif.
  • Gunakan logika untuk menyelesaikan soal-soal logika kuantitatif (penalaran). Gunakan analisis masuk akal atau tidak untuk menyelesaikan setiap pertanyaan dari soal tipe ini. Anda pun dapat membuat sketsa sederhana untuk memudahkan pemahaman.
  • Kerjakan soal-soal aritmatika, logika bilangan, dan logika kuantitatif dari yang mudah dahulu. Jangan berkutat lama-Iama dengan soal yang tingkatannya sulit.
  • Untuk soal-soal pengetahuan umum, seperti Sejarah, Pancasila dan UUD 1945, Tata Negara, dan Kebijakan Pemerintah, perbanyak latihan soal dan membaca buku yang berkaitan dengan hal tersebut. Untuk soal yang berkaitan dengan pengetahuan umum, selalu ikuti berita terkini.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Tip Trik Lulus Tes CPNS
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share