1. Doa Ketika Hendak Merintis Sebuah Bisnis/Usaha

Doa Ketika Hendak Merintis Sebuah Bisnis UsahaAlloohummak finii bi halaalika an haroomika, wa aghninii bi fadhlika amman siwaaka. Alloohumma innii a’uudzubika minal hammi wal hazni wal kasli wal bukhli wa dhol’id daini wa gholabatir rijaal.

“Ya Allah cukupkanlah diriku dengan yang halal dari sisi-Mu. Cukupkanlah aku dengan karunia-Mu sehingga aku tidak butuh lagi kepada siapa pun selain Engkau. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kesusahan, kesedihan, kemalasan, kekikiran, dan dari lilitan utang, serta kekangan dari banyak orang.” (HR. Ahmad, Tirmidzi, dan Hakim)

Pada dasarnya, doa tersebut diajarkan oleh Rasulullah SAW agar kita dapat melunasi utang-utang yang menumpuk atau ketika mempunyai kebutuhan yang sangat mendesak. Doa tersebut sebagaimana yang diriwayatkan oleh Abi Wail dari Ali RA bahwa ia berkata kepadanya, “Maukah aku ajarkan sebuah kalimat yang diajarkan oleh Rasulullah SAW, kalaulah kalian mempunyai utang sebesar gunung maka Allah SWT akan mencukupinya.” “Tentu, jawab Wail.” (Kemudian Ali RA membaca doa di atas).

Namun demikian, dengan melihat maknanya, doa tersebut sangat cocok untuk dibaca ketika kita hendak memulai sebuah usaha atau bisnis. Sebab, dengan doa tersebut kita memohon kecukupan kebutuhan kita dengan karunia Allah SWT yang halal. Kita juga memohon agar dihindarkan dari sifat malas dan kekangan dari pihak-pihak tertentu saat kita menjalankan bisnis.

Bacalah doa tersebut setiap selesai shalat wajib, selesai shalat Dhuha, atau pada saat-saat doa kita dikabulkan (mustajab), seperti pada sepertiga malam terakhir, saat khatib Jum’at duduk di antara dua khutbah, antara adzan dan iqamat, dan sebagainya.

2. Doa agar Mendapat Petunjuk dalam Menentukan Bisnis yang Tepat

Doa agar Mendapat Petunjuk dalam Menentukan Bisnis yang Tepat 2Ya khoiro mad’uwwin, wa yaa khoiro mas-uulin, wa yaa ausa’a man a’thoo, wa yaa khoiroo murtajaa, urzuqnii wa ausi’ ‘alayya min rizqika, wa sabbib lii rizqon min qibalika, innaka ‘alaa kullii syai-in qodiir.

“Wahai sebaik-baik Yang Diseru, wahai sebaik-baik Yang Diminta, wahai Yang paling luas dalam memberi, wahai sebaik-baik Yang Diharapkan, berilah aku rezeki dan lapangkanlah rezeki-M kepadaku, dan berilah aku jalan untuk mendapatkan rezeki (bisnis yang jaya) dari sisi-Mu. Sesungguhnya, Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu.”

Doa agar Mendapat Petunjuk dalam Menentukan Bisnis yang TepatAlloohumma innii as-aluka robbas samaawaati wal ardhi, ‘aalimal ghoibi wasy syahaadatil kabiiril muta’aalii, alhannaanal mannaan, dzal jalaali wal ikroom, an taf ‘ala bii ……

“Ya Allah, sungguh aku memohon kepada-Mu, Tuhan Pemelihara langit dan bumi, Yang mengetahui segala yang gaib dan yang nyata, Yang Mahabesar dan Maha tinggi, Yang Maha Pengasih dan Maha Pemurah, Yang Maha Memiliki Segala Keagungan dan Kemuliaan, gerakkanlah (takdirkan) aku untuk ………… (ungkapkan dalam benak apa yang diminta atau sebutkan secara lisan dengan bahasa sendiri). ”

Kedua doa ini diungkapkan oleh Al-Kailani dalam kitabnya Al-Kafi. Hendaknya kedua doa ini dibaca setiap selesai shalat fardhu atau pada malam hari setelah shalat Tahajud. Sebab, pada waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab, sebagaimana diriwayatkan bahwa ada seseorang yang bertanya kepada Rasulullah SAW, “Wahai Rasulullah, kapankah doa yang paling didengar Allah (mustajab)?” Beliau menjawab, “Doa pada tengah malam dan doa setelah shalat fardhu.” (HR. Tirmidzi).

Jika kita menginginkan petunjuk dari Allah SWT dalam menentukan bidang bisnis yang tepat, bacalah doa tersebut setelah shalat Tahajud atau setelah shalat Istikharah, dengan khusyuk dan fakus pada keinginan kita. InsyaAllah cepat terkabul.

3. Doa Hendak Pergi Berbisnis, Bekerja, dan Beraktivitas

Doa Hendak Pergi BerbisnisBismillaahi tawakkaltu ‘alalloohi laa haula walaa quwwata illaa billaahil ‘aliyyil ‘azhiim.

“Dengan nama Allah, aku berserah diri kepada Allah, tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan izin Allah.”

Doa ini dibaca ketika keluar rumah atau ketika hendak pergi berbisnis. Dengan membaca doa ini, insyaAllah kita akan mendapat perlindungan Allah SWT dalam menjalankan usaha atau bisnis yang akan dilakukan. Sebab, dalam sebuah hadits dikatakan bahwa orang yang membaca doa tersebut setiap keluar rumah akan diberikan hidayah, kecukupan, dan perlindungan, serta dijaga dari gangguan setan. (HR. Tirmidzi dalam Sunannya no. 3348 dan Abu Dawud dalam Sunannya no. 4431).

4. Doa Masuk ke Area Usaha (Pasar) atau Pusat Perbelanjaan

Doa Masuk ke Area Usaha PasarLaa ilaaha illallaahu wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu yuhyii wa yumiitu wa huwa hayyun laa yamuutu bi yadihil khoiru, wa huwa ‘alaa kulli syai-in qodiir.

“Tidak ada Tuhan kecuali Allah, yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Kepunyaan-Nya-lah kerajaan dan pujian, Yang menghidupkan dan Yang mematikan, Dia Mahahidup Yang tidak akan mati, di tangan-Nya sumber kebaikan dan Dia Mahakuasa atas segala sesuatu.” (HR. Tirmidzi dan Hakim).

Bacalah doa ini setiap hendak masuk ke tempat usaha atau ke pasar. Dengan membaca doa ini, Allah SWT akan memberikan beribu-ribu kebaikan, menghapuskan beribu-ribu kesalahan atau dosa. (HR. Tirmidzi no. 3350 dan Ad-Darimi no. 2576). Dalam riwayat lain akan dibangunkan rumah disurga (HR. Ibnu Majah no. 2226).

Dengan diberikannya kebaikan dan dihapuskan kesalahan oleh Allah SWT, tentu kita akan mendapatkan ridha-Nya dalam menjalankan usaha. Dengan begitu, usaha atau bisnis kita pun akan berjalan lancar dan akan mendapatkan keuntungan yang berlipat ganda. Selain itu, kita juga akan mendapatkan surga pada Hari Akhir nanti, karena Allah SWT telah menjanjikan sebuah rumah di surga. Namun tentunya, usaha yang kita jalankan juga harus benar-benar yang dihalalkan Allah SWT dan diniatkan dengan ikhlash untuk beribadah kepada-Nya.

5. Doa Ketika Mengawali Bisnis agar Berkah, Lancar, dan jaya

Doa Ketika Mengawali Bisnis agar Berkah, Lancar, dan jayaAlloohumma innii as-alukats tsabaata fil amri, wal ‘aziimata ‘alar rusydi, wa as-aluka syukro ni’matika, wa as-aluka husna  ‘ibaadatika, wa as-aluka qolban saliiman, wa as-aluka lisaanan shoodiqon, wa as-aluka min khoiri maa ta’lamu, wa astaghfiruka lima ta’ lamu innaka anta ‘allaamul ghuyuub.

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu ketegaran dalam menghadapi permasalahan dan memohon agar Engkau berkenan memberikan petunjuk. Aku memohon kepada-Mu agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu. Aku memohon kepada-Mu agar giat beribadah kepada-Mu. Aku memohon kepada-Mu hati yang bersih dan lisan yang jujur. Aku memohon kepada-Mu kebaikan yang Engkau ketahui dan aku berlindung kepada-Mu dari keburukan yang Engkau ketahui. Aku juga memohon kepada-Mu curahan ampunan dari segala dosa yang Engkau ketahui, karena hanya Engkaulah yang Maha Mengetahui segala yang gaib.” (HR. Tirmidzi, Nasa’i, dan Ahmad)

Apa pun bisnis yang kita jalani, tentu akan menghadapi berbagai macam permasalahan dan hambatan. Terlebih dalam mengawali atau merintis sebuah bisnis baru, tentu sangat diperlukan keuletan dan ketekunan untuk mengembangkannya agar menjadi maju dan jaya. Selain itu, dibutuhkan juga ketegaran dan ketabahan setiap mengahadapi permasalahan dan kesulitan. Dengan sikap-sikap tersebut tentu bisnis yang maju dan jaya akan kita dapatkan.

6. Doa agar Mendapat Jalan Keluar dalam Kemelut Bisnis

Doa agar Mendapat Jalan Keluar dalam Kemelut BisnisAlloohumma faarijal hamm, wa kaasyifal ghamm, wa mujiiba dawatil mudhthorriin, rohmaanad dunyaa wal aakhiroti wa rohiimahumaa, anta tarhamunaa farhamnii birohmatin yughniinii bihaa an rohmatin man siwaaka.

“Ya Allah, yang menghilangkan kesusahan, yang menjauhkan kesedihan, mengabulkan doa orang-orang yang terdesak, Engkau Maha Pengasih lagi Maha Penyayang di dunia dan akhirat; Engkau yang memberi rahmat kepada kami maka limpahkanlah rahmat kepadaku sehingga aku tidak mengharapkan rahmat kepada siapa pun selain Engkau.” (HR. Hakim)

Jika bisnis kita sedang dilanda berbagai macam kesulitan atau sedang berada dalam kemelut yang sangat pelik, seperti usaha sedang sepi, omset menurun, pelanggan beralih ke tempat lain, inflasi meroket hingga membuat harga barang-barang menjadi naik, atau ketika sedang menghadapi sengketa dengan pihak lain, berdoalah kepada Allah SWT dengan doa di atas. Ambillah air wudhu dan shalatlah dua rakaat (shalat Hajat), lalu bacalah doa tersebut setelah selesai berdzikir. Hal ini, alangkah lebih baiknya dan lebih utama jika dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Sebab, waktu tersebut merupakan waktu yang mustajab.

Demikian beberapa Doa Sukses Bisnis dan Pekerjaan yang dapat Anda amalkan guna kesuksesan dan keberhasilan Anda, baik di bidang bisnis maupun pekerjaan. Doa-doa ini sangat tepat digabungkan dengan amal ibadah lain, seperti ditunjang dengan amal sedekah, menyantuni anak yatim, berbakti kepada orang tua, memperbanyak shalat sunah, dan lain sebagainya.

Baca juga artikel doa lainnya, seperti Cara Agar Doa Mudah Dikabulkan agar doa Anda menjadi sempurna dan mendapatkan pengabulan sesuai harapan.

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Doa Sukses Bisnis dan Pekerjaan
Rating
5
FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInBlogger PostBagi ilmu ke teman..