Dalam Tes CPNS, tes analogi berguna untuk mengetahui sejauh mana Anda dapat melihat kesamaan pola, menarik makna, dan fungsi kata yang diminta. Pertanyaan tes analogi menguji kemampuan untuk mengenali hubungan yang ada antara kata-kata dalam sepasang kata dan untuk mengenali ketika dua pasang kata yang menampilkan hubungan paralel. Untuk menjawab pertanyaan analogi, perhatikan tips menjawab soal analogi tes CPNS yang di antaranya Anda harus merumuskan hubungan antara kata-kata dalam pasangan kata yang diberikan dan kemudian harus mengidentifikasi pilihan jawaban yang mengandung kata-kata yang terkait satu sama lain dalam kebanyakan cara hampir sama. Beberapa contoh hubungan yang mungkin ditemukan dalam pertanyaan analogi adalah hubungan jenis, ukuran, kedekatan spasial, atau gelar.

Bagaimana Tips Menjawab Soal Analogi Tes CPNS?

Berikut ini beberapa pendekatan yang dapat membantu dalam menjawab pertanyaan analogi dan tes CPNS:

  • Sebelum melihat pilihan jawaban, cobalah untuk membangun hubungan yang tepat antara kata-kata dalam pasangan yang diberikan. Hal ini biasanya membantu untuk mengungkapkan bahwa hubungan dalam frase atau kalimat. Selanjutnya, mencari pilihan jawaban dengan sepasang kata yang hubungannya paling dekat dengan yang pasangan yang diberikan dan dapat dinyatakan dengan cara yang sama.
  • Kadang-kadang, lebih dari satu pilihan jawaban mungkin tampak pada awalnya untuk mengekspresikan hubungan yang serupa dengan yang diberikan pasangan. Cobalah untuk mencari hubungan lebih tepat atau mengidentifikasi beberapa aspek dari hubungan antara pasangan yang diberikan kata-kata yang paralel dalam satu pasangan pilihan.
  • Ingat bahwa kata tunggal dapat memiliki beberapa makna. Periksa untuk memastikan Anda tidak diabaikan arti keduanya yang mungkin untuk salah satu kata.
  • Jangan pernah memutuskan jawaban terbaik tanpa membaca semua pilihan jawaban.
  • Seringlah berlatih untuk mengenali dan merumuskan hubungan antara pasangan kata.

Contoh Soal Analogi Tes CPNS

1. SEMIR : SEPATU = SIKAT : …

a.  kuku
b.  rambut
c.  televisi
d.  kursi
e.  gigi

2. KEPALA : PUSING = PERUT : …

a.  batuk
b.  pilek
c.  mules
d.  gemuk
e.  nyeri

3. BUGIL : PAKAIAN = GUNDUL : …

a.  botak
b.  kepala
c.  atas
d.  cukur
e.  rambut

 Demikian Tips Menjawab Soal Analogi Tes CPNS. Mudah-mudahan dapat membantu Anda yang hendak melakukan Pendaftaran Tes CPNS. Semoga Anda mendapatkan peluang menjadi PNS dengan beragam keuntungan yang diperoleh. Aamiin.

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Review Date
Reviewed Item
Tips Menjawab Soal Analogi Tes CPNS
Author Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share