Pemerintah kembali memberikan kesempatan bagi warga negara Indonesia untuk berpartisipasi dalam proses seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2015. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) berencana membuka Pendaftaran CPNS 2015 untuk 134 ribu formasi lowongan CPNS.
Sebagiaman dikutip oleh liputan6.com, ‎Deputi Sumber Daya Manusia (SDM) KemenPAN-RB Setiawan Wangsaatmadja menjelaskan ada beberapa posisi jabatan yang akan dibuka di tahun ini‎. Namun dipastikan pilihan posisi jabatan tersebut tak sebanyak pada tahun lalu.

Formasi Lowongan CPNS 2015 akan dibuka untuk ‎lapangan kesehatan, pendidikan, penanggulangan kemiskinan, infrastruktur, ketahanan energi dan pangan, poros maritim dan reformasi birokrasi. Dari sekian formasi tersebut paling banyak diutamakan untuk para tenaga teknis.

Formasi tersebut masih dalam gambaran kasar mengingat angka tersebut juga merupakan gabungan dari sisa formasi CPNS 2014 yang tidak terpakai, jumlah pensiunan PNS serta honorer K2. Untuk honorer K2, dialokasikan sebanyak 30 ribu.

Untuk memastikan jumlah formasi CPNS tahun ini, rencananya pekan depan KemenPAN-RB akan mengundang beberapa pejabat terkait yang berhubungan dengan sektor-sektor tersebut.

Seperti diketahui, KemenPAN-RB telah mengumumkan untuk melakukan moratorium CPNS. Hal itu dikarenakan banyaknya formasi CPNS yang kurang efektif. Namun moratorium tersebut tidak berlaku untuk beberapa jabatan yang berkaitan dengan kesehatan dan pendidikan

Sejak masuk tahun baru 2015 memang penerimaan tes CPNS 2015 tentunya ditunggu oleh calon peserta yang akan ikut dalam tes CPNS 2015 nanti sehingga beberapa hal terkait dengan info CPNS 2015 ditunggu oleh calon pelamar.

Lalu kapan sebenarnya penerimaan CPNS 2015 itu dimulai?

Hingga bulan April 2015, semua daerah telah diminta mengajukan formasi yang dibutuhkan sesuai dengan analisis jabatan di masing-masing daerah. Adapun yang mempengaruhi adalah kebijakan moratorium yang diberlakukan untuk Lowongan kerja CPNS 2015 dengan pertimbangan terhadap penggunaan dana APBD untuk belanja pegawai, dengan kata lain dibedakan dalam tiga kategori berdasarkan tingkat kegunaan APBD yang digunakan untuk belanja pegawai yakni yang dibawah 50% dinamakan minus growth, kemudian 50% serta yang lain adalah diatas 50%.
Nantinya hasil usulan formasi yang diajukan oleh masing-masing daerah akan disesuaikan dengan kebijakan moratorium yang mengatur seberapa banyak kebutuhan yang diperbolehkan untuk menambah pegawai baru baik itu di instansi daerah maupun pusat melalui penerimaan tes CPNS 2015 ini.

Dengan demikian bisa dikatakan bahwa penerimaan tes CPNS 2015 akan tetap dilaksanakan meskipun kemungkinan tidak di semua daerah, misalkan CPNS 2015 di Sultra akan tetap dilaksanakan meskipun kebijakan moratorium telah diberlakukan.

Untuk prosesnya diperkirakan akan memakan waktu yang cukup lama bahkan hingga sebulan lebih, artinya jika semua usulan saja akan diakhiri pada bulan April 2015 yang akan datang maka untuk jadwal tes paling cepat bulan Juli, bahkan menurut prediksi kami hingga bulan Agustus 2015 yang akan datang.

Jika benar demikian maka ada banyak waktu untuk melakukan persiapan bisa diawali dengan merubah maindset mengenai tes CPNS yang kerap dengan isu nepotisme ataupun sejenisnya karena dengan penggunaan sistem CAT CPNS yang telah diterapkan dalam 2 tahun terakhir hampir bisa dipastikan mampu mengatasi kecurangan yang kerap terjadi dalam sistem perekrutan CPNS baru di Indonesia.

Untuk memantau perkembangan info terbaru pendaftaran CPNS 2015, Anda dapat mengecek di situs resmi Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).
Untuk lowongan CPNS di tingkat daerah, Anda juga dapat mengecek di situs-situs Pemerintah Daerah, di antaranya:
⦁    Pendaftaran CPNS Depdikbud 2015, cek di registrasi.cpns.kemdikbud.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Sampang 2015 di bkd.sampangkab.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Kemdiknas 2015 di cpns.kemdikbud.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Tarakan 2015 di bkd.tarakankota.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Solo 2015 di bkd.surakarta.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Jawa Timur 2015 di bkd.jatimprov.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Jawa Barat 2015 bkd.jabarprov.go.id.
⦁    Pendaftaran CPNS BUMN dan BNN 2015 BUMN dan BNN.
⦁    Pendaftaran CPNS Kemenkumham 2015 di Kemenkumham.
⦁    Pendaftaran CPNS Empat Lawang 2015 cek di Kab Empat Lawang.
⦁    Pendaftaran CPNS Serang 2015 di Pemkot Serang.
⦁    Pendaftaran CPNS Kemenkes 2015 di e-cpns ropeg-kemenkes.
⦁    Pendaftaran CPNS Depkes 2015 di ropeg.kemkes.go.id
⦁    Pendaftaran CPNS Lulusan SMA SMK 2015 cek di Lowongan SMA.

Demikian informasi Pendaftaran CPNS 2015 sementara yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang sedang menunggu dibukanya lowongan CPNS 2015. Banyak keuntungan jika Anda menjadi PNS.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Pendaftaran CPNS 2015
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share