Di dalam kalimat bahasa Inggris, ada yang disebut “subjek kosong”, yaitu suatu kata yang seolah adalah subjek, tetapi sebenarnya bukan subjek dari kalimat itu. Berikut ini cara membuat kalimat subjek kosong dalam bahasa Inggris yang baik dan benar.

1. Membuat Kalimat Subjek kosong dengan “it”.

– It is not always easy to understand mathematics. (Tidak selalu mudah memahami matematika.)
Perhatikan kalimat asal dari kalimat tersebut.
Understanding mathematics is not always easy. (Memahami matematika tidak selalu mudah.)

Dapat kita lihat bahwa subjek asli dari kalimat ini adalah “understanding mathematics” (memahami matematika). Jadi, “if” merupakan subjek kosong.

Perhatikan juga contoh berikut ini.
– What time is it? (Pukul berapa ini?)
– How does it feel? (Bagaimana rasanya?)
– How far is it from here? (Berapa jauhnya dari sini?)
– I find it necessary for us to build a network. (Saya rasa kita perlu membangun jaringan.)

2. Membuat Subjek kosong dengan “there”.

– There is a man in front of the door. (Ada seorang pria di depan pintu.)
There adalah “subjek kosong”, karena posisinya dalam kalimat ini seolah merupakan subjek. Namun, subjek sesungguhnya adalah “a man” karena kalimat ini bisa diubah menjadi “A man is in front of the door. ”

❖ Auxiliary yang digunakan dalam kalimat dengan subjek kosong “there” tergantung pada subjek sesungguhnya dari kalimat itu.
– There are some knives in the kitchen. (Ada banyak pisau di dapur.)

Demikian penjelasan tentang membuat kalimat subjek kosong.  Selanjutnya, dalam pembentukan kalimat dalam bahasa Inggris, terdapat beberapa pembahasan lainnya yang meliputi cara membuat kalimat sederhana (simple sentence), Sentence Types (Tipe Kalimat), Negative Sentences (Kalimat Negatif), The Imperative (Kalimat Perintah), Yes-No Questions and Answers (Kalimat Tanya Ya-Tidak dan Jawabannya), WH-Questions and Answers (Kalimat Tanya “W5H” dan Jawabannya, Negative Questions (Kalimat Tanya Negatif), Question Tags (Label Kalimat Tanya), Echo Questions and Exclamations (Kalimat Tanya Gaung dan Seruan), Sentence Abstraction 1 (Abstraksi Kalimat 1), Sentence Abstraction 2 (Abstraksi Kalimat 2), Sentence Emphasis (Penekanan Kalimat), Empty Subjects (Subjek Kosong), dan Multiple-Word Modifiers (Modifier Majemuk).

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Membuat Kalimat Subjek Kosong
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share