Anda dapat membuat kalimat negatif dalam bahasa Inggris (negative sentence) menurut aturan tata bahasa (grammar) yang baik dan benar. Yaitu dengan mengkuti ketentuan-ketentuan sebagai berikut.

❖ Untuk kalimat yang menggunakan auxiliary, not atau n’t ditulis setelah auxiliary tersebut. Contoh:
– You shouldn’t be here. (Seharusnya kamu tidak berada di sini)
– He can not say “no”. (Ia tidak bisa berkata tidak.)

❖ Dalam simple tense, kita menggunakan do (atau does) sebagai auxiliary-nya sehingga not atau n’t kita tulis di belakang do atau does. Contoh:
– I don’t like sports. (Saya tidak suka berolahraga)
– Budi doesn’t like reading. (Budi tidak suka membaca)

❖ Not bisa dipakai untuk koreksi suatu pernyataan atau sebelum ekspresi kuantitas, jarak, atau waktu. Contoh:
– I like romance, not comedy. (Saya suka cerita romantis, bukan komedi)
– In a village not so far from here, there’s a famous fountain. (Di desa tidak terlalu jauh dari sini, ada sebuah air terjun terkenal)

❖  Frasa negatif bisa kita tukar letaknya di depan (disebut dengan inversi/inversion). Ini kita lakukan untuk frasa yang mengandung kata hardly, no. never, neither, nor, only, rarely, dan seldom. Perlu diperhatikan bahwa bila kalimat itu merupakan kalimat simple tense, kita harus menggunakan auxiliary verb “do”. Contoh:
– Hardly do we have separated. (Kami hampir tidak pernah berpisah.)
– Never have I felt this boring. (Saya belum pernah merasa sebosan ini.)

❖ n’t adalah bentuk singkatan dari not. Dalam bahasa Inggris, kita sering mempersingkat penulisan kalimat negatif. Ini kita istilahkan dengan short forms. Contoh:
– I will not (won’t) let you down. (Aku tidak akan pernah mengecewakanmu.)

Artikel berkaitan dengan Membuat Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris

Demikian uraian praktis tentang cara Membuat Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris. Selanjutnya, terdapat beberapa pembahasan lainnya tentang membentuk kalimat dalam bahasa Inggris, yang meliputi pembentukan kalimat sederhana (simple sentence), Sentence Types (Tipe Kalimat), Neqative Sentences (Kalimat Neeatif), The Imperative (Kalimat Perintah), Yes-No Questions and Answers (Kalimat Tanya Ya-Tidak dan Jawabannya), W5H-Questions and Answers (Kalimat Tanya “W5H” dan Jawabannya, Negative Questions (Kalimat Tanya Negatif), Question Tags (Label Kalimat Tanya), Echo Questions and Exclamations (Kalimat Tanya Gaung dan Seruan), Sentence Abstraction 1 (Abstraksi Kalimat 1), Sentence Abstraction 2 (Abstraksi Kalimat 2), Sentence Emphasis (Penekanan Kalimat), Empty Subjects (Subjek Kosong), dan Multiple-Word Modifiers (Modifier Majemuk).

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Membuat Kalimat Negatif dalam Bahasa Inggris
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share