Tip dan trik lulus Ujian Nasional harus diperhatikan oleh setiap calon peserta UN. Tip dan trik ini akan sangat membantu siswa, mulai dari persiapan, proses belajar, hingga pada saat menjawab soal-soal UN. Berikut ini beberap tip trik penting agar lulus UN.

A. Tip dan Trik Sebelum Menghadapi Ujian Nasional

1. Kerjakan soal UN tahun-tahun sebelumnya.
2. Pelajari indikator soal UN yang akan diujikan.
3. Pelajari materi dan tipe soal UN yang sering keluar sesuai dengan indikator soal UN.
4. Kerjakan soal-soal prediksi dan tryout UN yang sesuai dengan indikator soal UN.
5. Ikuti tryout atau simulasi UN.

B. Tip dan Trik pada Waktu Menghadapi Ujian Nasional.

1. Siapkan Peralatan Alat Tulis untuk Ujian Nasional.

Alat tulis yang diperlukan untuk mengerjakan soal UN antara lain: pensil 2B (jangan merautnya terlalu runcing agar LJK tidak sobek saat dihitamkan), penghapus, rautan, pulpen, dan penggaris.
Usahakan membawa pensil 2B dan penghapus lebih dari satu. Hal ini untuk menjaga apabila di tengah-tengah mengerjakan soal UN, ternyata pensilnya sudah tumpul atau penghapusnya jatuh dan terlontar terlalu jauh dari bangku kamu.

2.   Datang Tepat Waktu Sebelum Dimulai Ujian Nasional.

Ujian Nasional biasanya dimulai pada pukul 8.00 WIB. Lima belas menit sebelum ujian dimulai biasanya bel pertama sudah berbunyi sebagai tanda seluruh peserta ujian memasuki ruang ujian. Usahakan kamu datang sebelum bel tersebut berbunyi. Kamu bisa datang pada pukul 7.00 WIB agar pikiran tidak tegang.
Usahakan bangun shubuh pada waktu ujian dan jangan lupa sarapan terlebih dahulu sebelum berangkat ke sekolah.

3. Berdoa Sebelum Mengerjakan Soal-soal UN.

Sebelum mengerjakan soal-soal Ujian Nasional, berdoalah kepada Allah SWT untuk memohon diberikan ketenangan, kelancaran berpikir, mampu mengingat materi yang telah dihafal, dan memilih jawaban yang benar. Usahakan jangan grogi pada saat pengawat ujian membagikan soal ujian dan LJK.

4. Jangan Sampai Salah dalam Mengisi LJK UN.

Biasanya lima belas menit sebelum ujian dimulai, pengawas akan membagikan soal UN dan LJK. Kemudian pengawas akan menyuruh peserta ujian untuk mengisikan identitas diri pada LJK terlebih dahulu. Jangat terburu-buru dalam mengisi LJK. Baca dengan teliti setiap petunjuknya. Baca kembali identias diri yang telah kamu isikan pada LJK, jangan sampai ada kesalahan pengisian nama dan nomor ujian kamu.

5. Jawablah Mulai dari yang Termudah dan Ggunakan Waktu Secara Efisien.

Waktu ujian yang disediakan adalah 120 menit untuk masing-masing mata pelajaran. Gunakan waktu ini dengan efisien. Caranya dengan mengerjakan soal-soal yang kamu anggap mudah terlebih dahulu. Jika ada soal yang menurutmu sulit dan belum bisa kamu kerjakan, segera beralih ke nomor lainnya. Jangan terpaku pada satu soal itu saja. Bisa jadi soal berikutnya lebih mudah dari soal tersebut. Setelah kamu menyelesaikan soal terakhir, kembali lagi kerjakan soal yang tadi kamu lewati. Jika semua soal telah selesai kamu kerjakan, teliti kembali dari nomor 1 hingga terakhir. Jangan sampai ada nomor yang terlewat.  Jangan lupa tandai nomor yang kamu lewati, jangan sampai kamu salah menghitamkan jawaban pada LJK.

Demikian Tip dan Trik Lulus Ujian Nasional (UN) yang kami jelaskan untuk kamu agar dapat membantu kelancaran proses belajar, menghadapi UN, dan meraih hasil sesuai harapan. Semoga kamu dapat lulus dengan nilai tinggi saat Ujian Nasional kelak. Aamiin.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Tip dan Trik Lulus Ujian Nasional | Soal UN SMP MTS SMA. Sangat membantu siswa, mulai dari persiapan, proses belajar, hingga saat menjawab soal-soal UN.
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share