Tidak Perlu Cemas dengan Tes Psikotes

Sebelum melamar tes CPNS, Anda perlu persiapan menghadapi tes psikotes CPNS. Anda yang pernah melamar pekerjaan, mungkin pernah menerima surat undangan tes psikotes dari sebuah instansi/perusahaan. Undangan ini umumnya memuat satu catatan kecil yang biasanya tercantum di bagian bawah surat:

“Mohon datang tepat waktu dan istirahat secukupnya. Usahakan makan pagi, karena tes ini akan memakan waktu sehari penuh.”

Psikotes merupakan barang umum untuk melakukan seleksi karyawan. Pada saat melamar pekerjaan, ada kemungkinan besar, pada tahap tertentu, Anda akan diminta untuk datang dan mengikuti psikotes, entah di dalam perusahaan atau di kantor jasa psikotes.

Sebetulnya tidak ada yang perlu dicemaskan dengan psikotes, karena tujuannya adalah untuk membantu mencari kesesuaian antara kepribadian, keyakinan, dan kemampuan Anda dengan pekerjaan. Perlu diingat, pada perusahaan dengan reputasi baik, biasanya tidak menggunakan psikotes sebagai satu-satunya cara untuk melakukan seleksi, tetapi hanya bersifat sebagai alat bantu. Psikotes sebetulnya menguntungkan kedua belah pihak, yaitu pencari kerja atau perusahaan maupun karyawan. Menemukan orang yang tepat merupakan masalah yang selalu dihadapi oleh pihak pencari kerja.

Seleksi yang salah bisa menyebabkan kerugian, baik bagi karyawan maupun instansi yang bersangkutan:

  • Dari sisi perusahaan, biaya seleksi dan pelatihan untuk karyawan yang ternyata kurang sesuai, akan sangat mahal, tidak efisien, bisa menyebabkan kemangkiran dan menurunkan motivasi. Ditambah lagi dengan biaya untuk seleksi dan pelatihan orang yang akan menggantikan karyawan tersebut.
  • Dari sisi karyawan, terseleksi ke dalam pekerjaan yang “salah” akan menurunkan motivasi, mengurangi kepuasan kerja, meningkatkan stres kerja, dan gagal meningkatkan karir.

Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Persiapan Persiapan Menghadapi Tes Psikotes CPNS

Anggapan umum mengatakan bahwa tidak perlu ada persiapan untuk melakukan psikotes. Anggapan ini memang benar, terutama untuk tes-tes tipe tertentu, seperti kepribadian, motivasi minat, dan kemampuan umum.

Namun demikian, ada beberapa hal yang dapat diperhatikan, setidaknya untuk meningkatkan kesiapan Anda:

  • Langkah pertama adalah rileks. Cobalah untuk beristirahat dengan baik menjelang hari psikotes atau wawancara. Anda bisa menggunakan cara Anda sendiri yang biasa dilakukan supaya rileks. Dan jangan lupa sarapan pada hari-H.
  • Datanglah lebih awal, tetapi jangan terlalu awal. Datang terlalu awal membuat Anda semakin resah, datang terlambat membuat Anda celaka (antara lain Anda bisa hilang konsentrasi, salah mengerjakan, atau malah ditolak).
  • Jangan melihat jawaban orang lain. Hal tersebut hanya akan menyebabkan hasil Anda bertentangan dengan kondisi pribadi Anda yang sesungguhnya. Psikotes bukan ujian sekolah, tidak ada jawaban salah dan benar, meskipun dalam tes-tes kemampuan, kecepatan Anda mengerjakan tes merupakan faktor yang berpengaruh. Jadi isilah apa adanya. Psikotes memiliki pemetaan tersendiri. Artinya, setiap tes ada tujuannya. Ada tes ketelitian, kreativitas, dan kecerdasan. Hal-hal seperti ini harus diantisipasi dari awal. Jadi, persiapkan mental sejak awal.
  • Gunakan jam tangan pada hari psikotes. Sebagian besar tes memiliki batasan waktu. Pergunakan waktu Anda sebaik-baiknya. Dan sering setelah psikotes Anda langsung diminta wawancara, jangan sampai terlambat muncul di ruang wawancara.
  • Mencoba beberapa tes di situs atau buku, bukan untuk menjamin Anda akan lulus psikotes, tetapi setidaknya Anda mengenali tipe- tipe tes.

Kesimpulan dalam Persiapan Menghadapi Tes Psikotes CPNS

Pesan-pesan tersebut adalah sedikit Persiapan Menghadapi Tes Psikotes CPNS. Namun, sebuah tes psikologi, sebenarnya membutuhkan sebuah spontanitas dan orisinalitas respon (jawaban) untuk bisa menggambarkan kepribadian yang sebenarnya dalam diri Anda. Profil pribadi Anda ini berisi kelemahan dan kelebihan yang Anda miliki, dan dari kombinasi ini keputusan mengenai diri Anda dibuat. Jangan terlalu berkecil hati menghadapi psikotes, bisa jadi Andalah yang sedang dicari-cari perusahaan.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Persiapan Menghadapi Tes Psikotes CPNS
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share