Jika ingin bisa membuat kalimat percakapan bahasa Inggris dengan mudah dan cepat, Anda tidak cukup hanya mengandalkan pelajaran bahasa Inggris yang pernah Anda pelajari di sekolah atau tempat kursus. Untuk itu, Anda memerlukan suatu metode yang mudah, cepat, praktis, dan efektif agar Anda tidak terjebak ke dalam penggunaan tata bahasa Inggris (English grammar) yang bertele-tele dan justru membuat Anda merasa sulit untuk berbicara bahasa Inggris. Namun, bagaimanapun Anda tetap harus mempelajari English grammar agar kalimat yang Anda ucapkan tidak menimbulkan salah pengertian pada lawan bicara.

Salah satu metode tepat Cara Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris ialah dengan menggunakan sistem tabel sederhana. Di bawah ini penulis sajikan sebuah tabel singkat yang berfungsi sebagai pedoman membuat kalimat percakapan dalam bahasa Inggris dengan cepat dan mudah. Jika sudah memahami cara menggunakan tabel tersebut, Anda akan bisa membuat kalimat apa pun yang hendak Anda ucapkan dalam bahasa Inggris dengan menggunakan English grammar yang sederhana.

Cara Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris

A. Cara Menggunakan Tabel untuk Membuat Kalimat Percakapan

Tabel di atas dapat digunakan untuk membuat kalimat apa pun yang hendak Anda ucapkan ketika melakukan percakapan bahasa Inggris. Sebelum mengucapkan kalimat, Anda harus melihat dengan jelas pelaku, peristiwa, dan hubungan antara keduanya dengan jelas. Hubungan antara pelaku dan peristiwa di dalam kalimat akan terlihat dalam bentuk-bentuk sebagai berikut.

1. Pelaku berhubungan langsung dengan peristiwa yang tidak berbentuk kata kerja.
Misalnya di dalam kalimat “la di rumah sekarang.” Untuk kalimat seperti ini, Anda bisa membuatnya dengan melihat petunjuk nomor 1 di dalam tabel. *Lihat baris nomor 1 pada tabel yang bertuliskan “Tanpa KK” yang berarti “Tanpa kata kerja.”

2. Pelaku dan peristiwa berhubungan langsung tanpa diselingi kata lain.
Misalnya “Saya bekerja di kantor setiap hari”. Dalam kalimat ini, pelaku (saya) dan peristiwa (bekerja) berhubungan langsung tanpa diselingi kata lain. Kalimat seperti ini bisa Anda buat dengan melihat petunjuk nomor 2 di dalam tabel. Lihat baris nomor 2 pada tabel yang bertuliskan “P + KK” yang berarti “Pelaku + kata kerja yang menunjukkan hubungan langsung antara pelaku dan kata kerja tanpa diselingi kata lain”.

3. Di antara pelaku dan kata kerja diselingi kata “sedang”.
Misalnya di dalam kalimat “Tony sedang bermain gitar.” Kalimat seperti ini bisa Anda buat dengan melihat petunjuk nomor 3 pada tabel yang bertuliskan “Sedang”.

4. Di antara pelaku dan kata kerja diseling oleh kata “sudah”.
Misalnya di dalam kalimat “Saya sudah makan.” Kalimat seperti ini bisa Anda buat dengan menggunakan petunjuk nomor 4 pada tabel yang bertuliskan “Sudah”.

5. Di antara pelaku dan kata kerja diseling oleh kata “akan”.
Misalnya di dalam kalimat “Marry akan menghadapi ujian minggu depan”. Kalimat seperti ini bisa Anda buat dengan menggunakan petunjuk nomor 5 di dalam tabel yang bertuliskan “Akan”.

B. Penggunaan Tabel untuk Mengidentifikasi Kalimat Percakapan Bahasa Inggris

Pada dasarnya, tabel di atas merupakan petunjuk singkat untuk membuat kalimat yang ingin dibuat dalam bahasa Inggris. Namun, sebelumnya Anda harus mengidentifikasi kalimat yang hendak Anda nyatakan dengan cara sebagai berikut.

  • Tetapkan kalimat yang ingin Anda nyatakan. Kemudian lihatlah ciri-ciri bentuk kalimat tersebut dalam bahasa Indonesia. Untuk itu, Anda harus melihat tabel pada kolom bentuk kalimat dalam bahasa Indonesia.
  • Selanjutnya kalimat yang ingin Anda nyatakan tersebut harus dilihat ciri-cirinya dalam bahasa Inggris. Anda harus melihat tabel pada kolom bentuk kalimat dalam bahasa Inggris.
  • Ciri-ciri kalimat dalam bentuk bahasa Inggris itulah yang bisa Anda gunakan untuk membuat kalimat yang ingin Anda nyatakan dalam bahasa Inggris.
  • Jika ingin menyampaikan kalimat tersebut dalam bentuk tanya jawab, Anda harus melihat tabel pada kolom “kunci percakapan”. Jika di dalam kolom tersebut terdapat O.K. (okay), berarti untuk membuat kalimat tanya, Anda tinggal menggunakan kata- kata yang sudah ada di dalam kolom bentuk kalimat dengan cara seperti yang akan dibahas kemudian.
  • Jika di dalam kolom kunci tanya jawab tidak terdapat kata O.K., berarti dalam membuat kalimat tanya, Anda harus menggunakan kata-kata yang terdapat di dalam kolom tanya jawab tersebut.

C. Praktik Penggunaan Tabel untuk Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris

Berikut ini adalah cara menggunakan tabel untuk membuat kalimat, dari bentuk kalimat nomor 1 sampai dengan nomor 5.
>> Lihat Tabel pada Bentuk Kalimat Nomor 1

1. Lihat Kolom Bentuk Kalimat Indonesia
Tanpa KK artinya digunakan untuk membuat kalimat tanpa kata kerja.
Contoh bentuk kalimat Indonesia.
— Bentuk sekarang: “Sekarang ia kaya”.
— Bentuk lampau: “Dulu ia miskin”.
2. Lihat Kolom Bentuk Kalimat Inggris.
— am-are-is digunakan untuk waktu sekarang.
— was-were digunakan untuk waktu lampau.
Pembentukan kalimat Inggris.
— Bentuk sekarang Now he is rich. (Sekarang ia kaya)
— Bentuk lampau Formerly he was poor. (Dulu ia miskin)
3. Lihat Kolom Kunci Tanya Jawab
O.K. artinya tanya jawab bisa dilakukan dengan menggunakan kata-kata yang terdapat dalam kolom bentuk kalimat Inggris (kolom sebelumnya). Perhatikan letak kata am, are, is, was, dan were di dalam kalimat percakapan (tanya jawab) berikut.

Tanya = Was he rich formerly? (Apakah dulu ia kaya)
Jawab = *No, he was not/No he wasn’t. (Tidak)
Formerly he was poor. (Dulu ia miskin)
Tanya = Is he rich now? (Apakah ia kaya sekarang?)
Jawab = *Yes, he is. (Ya)

Percakapan dapat dikembangkan dengan menggunakan kata ganti penanya (interrogative pronoun) who, when, where, why, what, how. Perhatikan letak kata demi kata.

Tanya : *Why was he poor formerly? (Mengapa dulu ia miskin?)
Jawab : Because formerly he was lazy. (Karena dulu ia malas)
Tanya : Why is he rich now? (Mengapa ia kaya sekarang?)
Jawab : Because he is dilligent now. (Karena ia rajin sekarang)
Catatan:
– Letak kata why dan was (to be) untuk membentuk kalimat tanya.
– Bentuk jawaban ya dan tidak di dalam bahasa Inggris.

Demikian penjelasan singkat mengenai Cara Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris secara mudah dan tepat dengan menggunakan tabel sederhana.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Cara Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris
Rating
5
FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInBlogger PostBagi ilmu ke teman..