Sebagai langkah awal untuk berbicara dalam segala macam bahasa, termasuk bahasa Inggris, Anda harus lebih dahulu melakukan berbagai pemahaman secara bertahap yang berkaitan dengan penggunaan bahasa sebagai alat komunikasi. Perhatikan tips persiapan belajar mahir berbicara bahasa Inggris yang bisa Anda lakukan dengan jalan memahami hal-hal sebagai berikut.

A. Pemahaman Bahasa Secara Umum

Fahami bahwa dalam tips persiapan belajar mahir berbicara bahasa Inggris bahwa bahasa apa pun di dunia ini pada hakikatnya merupakan alat yang digunakan oleh setiap orang untuk berkomunikasi dengan orang lain, baik secara lisan maupun tulisan.

B. Prinsip Kemampuan Berkomunikasi

Ketika Anda berkomunikasi dengan orang lain, minimal ada 2 hal penting yang merupakan inti dari proses komunikasi tersebut supaya berjalan baik. Kedua hal penting tersebut dalam tips persiapan belajar mahir berbicara bahasa Inggris adalah kemampuan menyampaikan pernyataan yang mudah dimengerti orang lain, baik secara lisan maupun tulisan, dan kemampuan memahami pernyataan yang disampaikan orang lain baik secara lisan maupun tulisan.

1. Kemampuan Menyampaikan Pernyataan

Jika ingin menyampaikan suatu pernyataan yang mudah dimengerti orang lain, Anda harus memiliki kemampuan sebagai berikut.
— Memilih kata-kata yang tepat dan sesuai dengan maksud yang hendak disampaikan.
— Menyusun kata-kata menjadi kalimat sederhana yang mudah dimengerti.
— Menyampaikan kalimat kepada orang lain secara lisan atau tulisan. Supaya mudah dipahami, penyampaian bahasa secara lisan perlu disertai dengan gerak-gerik (bahasa isyarat/gesture).

2. Kemampuan Memahami Pernyataan Orang Lain

Supaya komunikasi dengan orang lain berjalan baik, Anda harus memiliki kemampuan untuk memahami pernyataan orang tersebut. Hal ini bisa Anda lakukan dengan cara sebagai berikut.

  • Menangkap atau mendengar susunan kata dalam kalimat yang disampaikan orang lain, baik secara lisan, gerak-gerik, maupun tulisan.
  • Memahami maksud yang terkandung di dalam kalimat tersebut.
  • Untuk memudahkan pemahaman pernyataan orang lain, Anda juga perlu pula memperhatikan gerak-gerik yang mengandung bahasa isyaratnya.

C. Kemampuan Membuat Kalimat Sebagai Modal Dasar Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Pada uraian sebelumnya telah dijelaskan bahwa pada prinsipnya kemampuan berkomunikasi atau berbicara adalah kemampuan menyampaikan pernyataan yang bisa dimengerti orang lain dan kemampuan untuk memahami pernyataan yang disampaikan oleh orang lain. Untuk bisa mencapai kemampuan tersebut, Anda memerlukan modal dasar yang terdiri dari hal-hal sebagai berikut.
— Pemahaman sejumlah kata yang lazim dipakai dalam kehidupan sehari-hari (daily vocabulary),
— Kemampuan membuat kalimat yang mudah dimengerti orang lain.

D. Ketrampilan Mahir Berbicara Bahasa Inggris adalah Keterampilan Membuat Kalimat

Kemampuan berbicara adalah kemampuan membuat kalimat. Komunikasi akan berjalan lancar jika Anda sudah bisa membuat kalimat yang mudah dimengerti oleh orang lain. Untuk bisa membuat kalimat seperti itu, Anda harus melakukan hal-hal sebagai berikut.
— Memilih kata-kata yang tepat dan relevan dengan hal yang dibicarakan.
— Menyusun kata-kata tersebut dalam bentuk sederhana dengan menggunakan tata bahasa atau grammar yang juga sederhana, sehingga Anda tidak akan mengalami banyak kesulitan untuk mempelajarinya.

E. Inti Kalimat Bahasa Inggris Terdiri dari Pelaku dan Peristiwa

Setiap kali membaca buku yang ditulis di dalam bahasa apa pun, Anda akan banyak menjumpai berbagai kalimat yang panjang dan mengandung pengertian yang rumit. Kalimat seperti itu tidak efektif jika digunakan untuk percakapan sehari-hari. Oleh karena itu, Anda perlu membiasakan membuat kalimat yang sederhana yang tentu saja akan lebih mudah dimengerti orang lain. Sebagai langkah awal, Anda harus memahami dulu bentuk kalimat atau intisari kalimat yang pada dasarnya terdiri dari hal-hal berikut.
— Pelaku atau subjek, yaitu orang atau apa saja yang menjadi pusat pembicaraan dari kalimat yang disampaikan.
— Peristiwa, yaitu segala kejadian yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan pelaku atau subjek dalam kalimat tersebut.

Perlu diketahui bahwa sepanjang apa pun kalimat yang dibuat, pada intinya hanya merupakan pola hubungan antara pelaku dan peristiwa. Jika hal ini sudah dipahami, Anda akan bisa membuat kalimat dengan sangat mudah.

a. Memahami Pelaku
Berbagai jenis pelaku di dalam bahasa Inggris perlu dipahami benar karena jenis pelaku tertentu akan mempengaruhi bentuk kalimat, terutama dalam penggunaan kata kerja dan to be sebagai salah satu bentuk kata kerja bantu. Berbagai jenis pelaku tersebut sebagai berikut
1. I = saya = *pelaku ke-1 tunggal.
We = kami = pelaku ke-1 jamak (lebih dari sotu orang).
2.   You = kamu = pelaku ke-2 tunggal.
You (all of you) = kalian = pelaku ke-2 jamak.
3.   He = dia (laki-laki) = pelaku ke-3 tunggal.
She = dia (perempuan) = pelaku ke-3 tunggal.
It = dia untuk objek yang bukan orang (binatang, benda, dsb) = pelaku ke-3 tunggal.
Nama seseorang = Tony, Marry, dsb = pelaku ke-3 tunggal.
They = mereka = pelaku ke-3 jamak.
Gabungan lebih dari 1 orang = Tony dan Marry, dsb = pelaku ke-3 jamak.
* Catatan.
Pelaku untuk selanjutnya disebut “P”.
Pelaku ke-1 |P1) = pihak yang berbicara.
Pelaku ke-2 |P2) = pihak yang diajak bicara (lawan bicara|.
Pelaku ke-3 (P3)= pihak yang dibicarakan.

b. Memahami Peristiwa
Bentuk peristiwa di dalam bahasa Inggris sangat mempengaruhi bentuk kalimat yang dibuat. Oleh karena itu, Anda perlu memahami bentuk peristiwa di dalam bahasa Inggris yang secara garis besar terdiri dari 2 bagian sebagai berikut.
— Peristiwa yang berbentuk kata kerja.
Contoh: Saya pergi ke kantor setiap hari. (Pergi dalam kalimat ini merupakan kata kerja.)
— Peristiwa yang berbentuk bukan kata kerja.
Contoh: la makmur (kaya) sekarang. (Kaya atau makmur dalam kalimat ini bukan merupakan kata kerja.)

1. Kalimat Verbal dan Kalimat Non-verbal.
Berdasarkan peristiwa dalam kalimat, secara garis besar kalimat dalam bahasa Inggris terdiri dari 2 jenis sebagai berikut.
— Kalimat verbal, yaitu kalimat yang mengandung kata kerja, seperti contoh sebelumnya, yang jika ditulis di dalam bahasa Inggris menjadi sebagai berikut.

I go to office everyday \ Saya pergi ke kantor setiap hari).

Contoh kata kerja lain yang bisa dipakai di dalam kalimat verbal di antaranya makan (eat), minum (drink), belajar (study), membaca (read), menulis (write), bernyanyi (sing), bermain (play), menangis (cry), berenang (swim].
— Kalimat non verbal, yaitu kalimat yang tidak mengandung kata kerja, seperti juga contoh di atas, yang jika ditulis dalam bahasa Inggris menjadi sebagai berikut.

He is rich now (Ia makmur/kaya sekarang).

Perhatikan kalimat yang tidak mengadung kota kerja seperti di atas. Kalimat tersebut tidak boleh diterjemahkan dengan hanya merangkai kata “He rich now”. Perhatikan adanya kata “is” sesudah pelaku “He”. Contoh kata-kata yang bukan kata kerja dan bisa dipakai di dalam kalimat non-verbal di antaranya bahagia (happy), sedih (sad), marah (angry), bertanggung jawab (responsibly), sabar (patien), tinggi (tall), pendek (short), gemuk (fat), kurus (thin), cantik (beautiful), tampan (handsome ), jelek (ugly). Semua kalimat yang menggunakan kata-kata tersebut tidak bisa dibuat hanya dengan merangkai kata saja.

2. Pemahaman To Be Sebagai Bentuk Kata Kerja Bantu
Kalimat dalam bahasa Inggris harus mengandung kata kerja. Jika tidak ada kata kerja, kalimat tersebut harus menggunakan kata kerja bantu. Contoh kalimat “Saya pergi ke kantor setiap hari” menunjukkan adanya kata kerja, yaitu pergi. Untuk membuat kalimat tersebut dalam bahasa Inggris, Anda tinggal merangkai kata saya (I), pergi (go), ke (to), kantor (office), setiap hari (everyday).
I go to office everyday.

Sementara itu, di dalam kalimat “la kaya sekarang” tidak terdapat kata kerja (kaya = bukan kata kerja). Oleh karena itu, kalimat tersebut tidak bisa dibuat dengan hanya merangkai kata dia (He), kaya (rich), sekarang (now). Kalimat tersebut harus memakai salah satu kata kerja bantu yang tepat yang disebut to be sehingga menjadi sebagai berikut
He is rich now. (To be yang digunakan adalah is)

Dari uraian di atas bisa ditarik kesimpulan bahwa jika di dalam kalimat bahasa Inggris tidak terdapat kata kerja, kalimat tersebut harus menggunakan kata kerja bantu yang salah satunya adalah to be. Jenis to be yang digunakan harus sesuai dengan jenis pelaku dan waktu terjadinya peristiwa di dalam kalimat yang dibuat. Jenis-jenis to be tersebut sebagai berikut.

Pelaku Jenis to be
untuk waktu sekarang
Jenis to be
untuk waktu lampau
I
We
You
He
She
It
Tony
Marry
They
Tony and Marry
am
are
are
is
is
is
is
is
are
are
was
were
were
was
was
was
was
was
were
were

F. Alat Utama Tips Persiapan Belajar Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Supaya bisa bercakap-cakap dengan lancar, sudah tentu kita harus membuat kalimat tanya jawab. Untuk itu, kita memerlukan alat utama dalam melakukan tanya jawab, yaitu kata ganti penanya (interrogative pronoun).

Who    =  siapa
When   =  kapan
Where  =  di (ke) mana
Why    =  mengapa
What   =  apa
How    =  bagaimana

Perhatikanlah kata ganti penanya how, what, dan who. Di dalam praktiknya, kata ganti tersebut bisa mengalami perkembangan sebagai berikut.

How many times (how often) = berapa kali
How many    =  berapa banyak (untuk benda yang bisa dihitung tanpa satuan*)
How much    =  berapa banyak (untuk benda yang tidak bisa dihitung tanpa satuan)
What time    =  jam berapa
What day     =  hari apa
What date     =  tanggal berapa
What month     =  bulan apa
What year     =  tahun berapa
With whom     =  dengan siapa
To whom        =  kepada siapa

*Contoh satuan misalnya gram, liter, dan meter.

G. Langkah-langkah dalam Tips Persiapan Belajar Mahir Berbicara Bahasa Inggris

Supaya bisa praktik langsung membuat kalimat percakapan dalam bahasa Inggris dengan cepat, Anda perlu melakukan hal-hal sebagai berikut.
1. Mengidentifikasi secara spesifik pernyataan yang hendak disampaikan.
2. Mengidentifikasi pelaku dan peristiwa yang ada dalam pernyataan tersebut.
3. Melihat bentuk hubungan antara pelaku dan peristiwa dalam pernyataan tersebut sehingga pernyataan bisa dibuat dalam bentuk kalimat yang benar.
4. Bentuk kalimat yang sudah dibuat dengan benar selanjutnya disampaikan dengan ucapan yang benar atau disampaikan secara tertulis untuk keperluan surat menyurat.

Nah, untuk langkah-langkah dalam membuat kalimat percakapan bahasa Inggris bisa Anda lakukan dengan menggunakan metode tabel dalam artikel “Cara Membuat Kalimat Percakapan Bahasa Inggris“. Anda bisa menggunakan tabel tersebut sebagai pedoman untuk belajar menyusun berbagai percakapan bahasa Inggris.
Demikian penjelasan tentang Tips Persiapan Belajar Mahir Berbicara Bahasa Inggris untuk Anda sebagai modal yang harus dikuasai sebelum belajar percakapan bahasa Inggris dengan baik dan benar. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam menunjagn kemudahan belajar percakapan bahasa Inggris.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Tips Persiapan Belajar Mahir Berbicara Bahasa Inggris
Rating
5
FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInBlogger PostBagi ilmu ke teman..