Tes antonim adalah menjawab soal yang berisi jawaban lawan kata (antonim). Kebalikan dari tes Sinonim. Tes ini digunakan untuk menguji sejauh mana pemahaman peserta CPNS akan kata-kata yang disajikan. Kemudian, Anda diminta mencari lawan katanya. Agar Anda dapat menjawab soal antonim, pelajari tips menjawab soal antonim tes CPNS.

Bagaimana Tips Menjawab Soal Antonim Tes CPNS?

  • Berdasarkan pengalaman dan pengamatan kami dalam mengikuti ujian-ujian, soal-soal antonim tidak lebih dari 12% adalah kata serapan dari bahasa asing dan bahasa daerah, 27 % merupakan istilah pada dunia teknik, kedokteran, sains pertanian dll, dan sisanya adalah istilah-istilah yang sering kita dengar sehari-hari.
  • Hati-Hati! Pada saat mengerjakan soal ANTONIM, jangan sampai Anda berpikir bahwa Anda sedang mencari SINONIM/PERSAMAANNYA. Ini sering terjadi pada peserta ujian. Dimana ketika di tengah-tengah tes, ia tidak sadar telah mencari jawaban yang merupakan sinonimnya, bukan lawan katanya. Apalagi biasanya soal Sinonim dan Antonim berdekatan waktu pengerjaannya.
  • Untuk kata-kata serapan dengan menggunakan kata latin/ilmiah, utamakan memilih jawaban yang mirip dengan soal.
  • Amati pilihan jawaban, carilah dua jawaban yang berlawanan! Seringkali jawaban soal ANTONIM berada pada salah satu dari 2 kata yang berlawanan tersebut.
  • Untuk bisa menjawab soal jenis ini dengan benar peserta tes harus banyak membaca. Terutama Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Atau paling tidak peserta tes dapat menguasai bank soal antonim/lawan kata ini.

Contoh Soal Antonim Tes CPNS

1. KAPABEL >< …

a.  piawai
b.  rajin
c.  pandai
d.  bodoh
e.  mampu

Jawaban: D
Kapabel = cakap; pandai; sanggup. Lawannya adalah bodoh.

2. NAAS >< …

a.  untung
b.  lokasi
c.  celaka
d.  rugi
e.  baik

Jawaban: A
Naas = sial, nasib (menimpanya dalam suatu kecelakaan), jadi lawannya adalah untung.

3. KASAR >< …

a.  halus
b.  rata
c.  lembut
d.  gradasi
e.  kasap

Jawaban: A
kasar = (1) tidak rata (permukaan), tidak halus; (2) kasap, kesat; (3) tidak baik buatannya, gabas; (4) tidak lemah lembut (tentang tingkah laku); (5) dapat diraba (dilihat dari), jadi lawannya adalah halus.

Demikian Tips Menjawab Soal Antonim Tes CPNS sebagai bahan kajian persiapan Anda dalam menghadapi tes CPNS sebelum Pendaftaran Seleksi Penerimaan CPNS dibuka. Jangan lupa, segera lengkapi persyaratannya. Silakan baca “Persyaratan Pendaftaran CPNS”. Pantau terus perkembangan di situs BKN/PAN-RB. Beragam keuntungan menjadi PNS sudah di depan mata, jika Anda berhasil lolos tes CPNS. Semoga sukses. Aaamiin.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Tips Menjawab Soal Antonim Tes CPNS
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share