Menghadapi Ujian Nasional, penting adanya persiapan matang dalam beberapa aspek. Selain menyerap pelajaran di kelas dengan baik, melakukan pengulangan belajar (repetition), juga perlunya latihan menyelesaikan soal Ujian Nasional. Setiap soal yang dipelajari akan memberikan gambaran yang bermanfaat sebelum dan ketika menghadapi UN. Soal-soal tersebut dapat memberikan informasi berarti tentang karakter soal, bentuk soal, dan bahkan tingkat kesulitan yang dimiliki setiap soal UN. Artinya, latihan mengerjakan soal-soal UN dapat menjadi modal pengalaman dan praktik, sehingga Anda lebih bijak dan cerdas dalam menyelesaikan atau menjawab soal-soal UN kelak ketika Hari Ujian Nasional berlangsung.

Bahkan, berdasarkan pengalaman para siswa yang mengikuti UN tahun-tahun sebelumnya, mereka benar-benar sangat terbantu menjawab soal-soal UN. Pasalnya, bentuk atau karakteristik soal yang diberikan hampir sama. Tidak jarang, banyak soal yang hampir mirip pula dengan soal-soal tahun sebelumnya. Dengan demikian, latihan mengerjakan soal-soal UN tahun-tahun ke belakang seperti menjadi kewajiban bagi setiap siswa yang ingin lulus dengan baik dan mendapatkan nilai memuaskan.

Bagaimana Cara Belajar Latihan Mengerjakan Soal-soal UN?
1. Pelajari setiap soal pada masing-masing mata pelajaran yang diujikan sampai selesai.
2. Jawab setiap soal tanpa terlebih dahulu melihat kunci jawabannya. Anggap saja Anda sedang melakukan Ujian Nasional.
3. Setelah selesai, kemudian cocokan jawabannya berdasarkan kunci jawaban yang tersedia.
4. Hitunglah berapa jawaban Anda yang benar. Jika jawaban yang benar di bawah 50% berarti Anda masih minim dalam menguasai materi Ujian Nasional.
5. Pelajari kembali soal-soal yang belum dapat Anda jawab dengan benar. Bacalah pembahasan soal yang disediakan agar Anda mengerti tentang teknis soal dan cara menjawabanya secara baik dan benar.
6. Ulangi terus latihan Anda sampai Anda merasa matang.

Berikut ini kami berikan salah satu contoh cara Belajar LatihanĀ  Soal UN SMA Bahasa Indonesia tahun 2011-2012

Tajuk berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Cermati dengan saksama!
Pendidikan yang dulu diperjuangkan mati-matian oleh para pejuang kemerdekaan agar seluruh rakyat mendapat hak yang sama, ternyata masih milik segolongan orang tertentu. Setiap tahun ajaran baru selalu muncul keganjilan berulang-ulang yakni kebingungan orang tua mencari sekolah untuk anaknya. Ternyata keganjilan itu muncul karena masalah lama belum tuntas. Standardisasi sekolah masih belum jelas sehingga menimbulkan kasta-kasta dalam pendidikan. Sistem kasta tersebut membuat para orang tua berlomba-lomba untuk mendapatkan sekolah berkasta tinggi. Bahkan, mereka rela mengeluarkan biaya besar agar anaknya bisa masuk ke sekolah favorit. Sementara, banyak siswa yang tidak bisa masuk ke sekolah favorit bukan karena kurang pandai melainkan karena mereka tidak mampu membayar biaya sekolah yang tinggi. Inilah ironi pendidikan di Indonesia.

1. Opini penulis dalam tajuk tersebut adalah …
a. Seluruh rakyat mendapatkan hak pendidikan yang sama.
b. Pemerataan pendidikan telah diperjuangkan mati-matian.
c. Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu.
d. Standardisasi pendidikan akan menimbulkan keganjilan.
e. Sekolah berkasta tinggi memerlukan biaya yang tinggi.

Pembahasan:
Opini adalah pendapat, pikiran atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Opini penulis dalam tajuk yang sesuai dengan teks tersebut adalah: Pendidikan masih menjadi milik segolongan orang tertentu.
Jawaban: C

2. Permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada …
a. pemerintah
b. pendidik
c. pelajar
d. orang tua
e. rakyat

Pembahasan:
Tajuk rencana merupakan karangan pokok/induk artikel dari sebuah surat kabar, majalah, tabloid atau media cetak yang lainnya. Isi tajuk merupakan bagian penting karena di dalamnya mengungkap pokok permasalah yang akan disampaikan oleh penulis kepada pembacanya. Berdasarkan isi tajuk rencana tersebut, permasalahan yang diungkap adalah masalah sistem pendidikan. Tentu saja permasalahan opini dalam kutipan tersebut ditujukan kepada pemerintah.
Jawaban: A

Berikut ini kami berikan Contoh Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2011-2012 dalam bentuk file PDF.

(Catatan: Jika tidak tampil, mohon halaman ini direfresh).

SOAL-UN-SMA-Bahasa-Indonesia-2011-2012

 

Demikian Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2011-2012 dan Pembahasannya. Untuk soal-soal lainnya silakan baca juga “Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2009-2010“, “Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2010-2011“, dan “Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2012-2013”. Jangan lupa, baca juga “Tip dan Trik Lulus Ujian Nasional“.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Soal UN SMA Bahasa Indonesia 2011-2012
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share