Anda ingin lulus SBMPTN dan masuk Perguruan Tinggi Negeri favorit? Jika kalian ingin 100% lulus PTN tanpa mengulang lagi di tahun depan, ikuti langkah-langkah jitu rahasia lulus SBMPTN berikut ini.

  1. Pelajari dulu semua soal dan pembahasan SBMPTN di dalam buku ini dengan tekun.
  2. Ulangi kembali pembahasan tersebut, kemudian cocokkkan jawabannya.
  3. Kerjakan soal-soal Try Out yang diberikan sesuai dengan waktu yang telah ditentukan sbb:
  • Kemampuan Dasar dan Potensial Akademik (TKPA) 105 menit (90 soal)
  • Kemampuan Dasar Sains dan Teknologi 90 menit (60 soal)
  1. Hitung sendiri passing grade SBMPTN dengan rumus:

rumus passing grade sbmptn

  1. Perhatikan nilai aman kalian, kemudian pilihlah salah satu jurusan di antara jurusan yang tersedia pada nilai aman kalian. Jadikan jurusan tersebut adalah pilihan 1 bagi kalian untuk SBMPTN.
  2. Untuk pilihan 2, agar lebih aman, maka ambillah nilai aman pada satu tingkat di bawahnya. Pilih salah satu jurusan yang sesuai dengan bakat dan minat yang kalian miliki.

Contoh 1: Memilih Jurusan Sesuai Passing Grade:

Umar mendapatkan nilai TO sebesar 49%, artinya ia berada di Nilai Aman III (48,5%) (Perhatikan! Bukan di Nilai Aman II, karena Nilai Aman II minimal 50%).

Dengan nilai TO tersebut maka untuk pilihan pertama, Umar dapat memilih jurusan di nilai aman II!, contohnya pendidikan dokter UGM. Untuk pilihan kedua, Umar sebaiknya mengambil jurusan yang berada di nilai aman IV atau yang di bawahnya lagi, contohnya fakultas teknologi industri ITB.

Contoh 2: Memilih Jurusan Sesuai Passing Grade:

Aisyah mendapatkan nilai TO sebesar 42%, artinya ia berada di Nilai Aman VI (41,5%) (Perhatikan! Bukan di Nilai Aman V, karena Nilai Aman V minimal 45%).

Apabila Aisyah ingin menjadi seorang dokter gigi maka dengan nilai TO tersebut ia dapat memilih jurusan pertama yang berada di nilai aman VI, contohnya pendidikan dokter gigi UI. Untuk pilihan kedua, Aisyah sebaiknya mengambil jurusan yang berada di nilai aman VII atau yang di bawahnya lagi, contohnya pendidikan dokter gigi UNAIR.

Catatan Penting!

Pilihlah jurusan yang menurut kalian cocok dengan keinginan dan kemampuan, lihat pula Daftar Panlok dan Jurusan PTN yang berisi penjelasan tentang berbagai jurusan di PTN, mata kuliahnya dan prospek kerjanya. Untuk kalian yang muslim dapat juga melakukan sholat istikharah agar pilihan jurusannya lebih mantap di hati dan bernilai ibadah. Doa merupakan rahasia dahsyat untuk mendapatkan pilihan yang tepat.

Demikian Rahasia Lulus SBMPTN dan Masuk PTN Pilihan. Untuk melihat daftar passing grade SBMPTN silakan baca artikel “Daftar Passing Grade SBMPTN”. Doa kami, semoga Anda sukses menembus ujian SBMPTN dan masuk PTN favorit. Aaamiin

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Rahasia Lulus SBMPTN dan Masuk PTN Pilihan
Rating
51star1star1star1star1star
Share
Share
Share