Perbedaan keberhasilan individu dalam mempelajari bahasa asing telah mendorong para ahli psikologi mengadakan penelitian untuk melihat faktor apa yang menyebabkan seseorang berhasil.  Dalam artikel Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris ini akan dibahas tiga faktor yang paling sering mendapat perhatian, yaitu bakat (aptitude), motivasi (motivation), dan kesempatan (opportunity).

1. Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris karena Bakat (Aptitude)

Ada banyak orang yang sukses dalam pekerjaan atau berhasil dalam studi mereka, tetapi gagal dalam mempelajari bahasa asing. Mereka telah mencoba berkali-kali dan menghabiskan banyak waktu, tetapi tetap mengalami banyak kesulitan.
Sementara itu ada sebagian orang yang dapat menyerap kata-kata asing atau kata-kata bahasa Inggris dengan mudah, memahami grammar, dan berbicara dalam bahasa Inggris dengan lancar. Banyak pendapat yang mengatakan bahwa faktor yang membedakan keduanya dalam menguasai bahasa asing adalah adanya bakat bahasa.
Dalam sebuah artikel yang ditulis oleh Carroll (1990) dengan judul ”Language Development in Children”, dimuat pendapat beberapa penulis yang mengatakan bahwa bakat bahasa adalah hasil pembawaan lahir yang sulit diubah.
Sementara penulis lain seperti Politzer, Hatfield, dan Yeni Komshian dalam eksperimen yang terpisah telah membuktikan bahwa bakat bahasa dapat dibentuk dan ditingkatkan melalui latihan.

Carroll mengembangkan tes bakat untuk memprediksi kemampuan belajar bahasa dengan menggunakan kriteria- kriteria berikut:
1. Kemampuan mengenal kode fonetik (Phoneticcoding)
2. Kepekaan terhadap tata bahasa (Grammatical sensitivity)
3. Kemampuan menghafal (Rotememorization)
4. Kemampuan mempelajari bahasa secara Induktif. (Inductivelanguage learning ability)

Tes ini diberikan kepada mereka yang belum pernah mempelajari bahasa asing dan hasilnya menunjukkan bahwa bakat turut memengaruhi keberhasilan seseorang dalam mempelajari bahasa.
Pun demikian, Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris karena Bakat bukan merupakan satu-satunya faktor penentu dalam keberhasilan belajar bahasa, maka siswa yang ingin mempelajari bahasa asing atau bahasa Inggris perlu memiliki faktor Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris yang lainnya, yaitu motivasi dan kesempatan.

2. Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris karena Motivasi (Motivation)

Motivasi merupakan dorongan di dalam diri seseorang yang memacu orang itu untuk melakukan sesuatu. Dorongan ini didasarkan pada tujuan yang akan dicapai. Bila tujuan itu jelas dan menarik, maka orang itu akan mempunyai motivasi yang kuat untuk melakukan apa saja untuk mencapainya. Misalnya, seorang perenang yang bertujuan memenangkan perlombaan, akan termotivasi menghabiskan waktu berjam-jam untuk berlatih.
Hal yang sama akan berlaku pula dalam mempelajari bahasa asing atau bahasa Inggris. Banyak pengajar yang sependapat bahwa siswa yang ingin benar-benar belajar, biasanya akan berhasil, tidak peduli buku pelajaran apa yang digunakan, siapa guru yang mengajarkannya, atau metode yang diterapkan kepadanya.

Dalam penguasaan bahasa, Gardner dan Lambert (1959) membedakan motivasi dalam dua tipe, yaitu motivasi integratif dan motifasi instrumental.
Motivasi integratif adalah motivasi yang didorong oleh keinginan siswa untuk berintegrasi dengan budaya dan bahasa yang dipelajarinya. Biasanya motivasi ini dimiliki oleh siswa yang berkeinginan kuat untuk mempelajari bahasa itu secara mendalam.

Sedangkan motivasi instrumental adalah motivasi yang didasarkan pada harapan bahwa dengan menguasai bahasa asing atau bahasa Inggris, seseorang dapat mencapai sesuatu misalnya posisi atau pekerjaan yang lebih baik. Jadi, dalam hal ini bahasa adalah alat untuk mencapai tujuan tertentu.
Dari kedua tipe motivasi diatas, menurut Gardner dan Lambert, motivasi integratif lebih menjamin keberhasilan menguasai bahasa asing atau bahasa Inggris. Hal ini disebabkan karena individu yang memiliki motivasi integratif mempunyai sikap yang positif terhadap bahasa yang mereka pelajari, sehingga dia bersedia melakukan apa saja untuk dapat menguasai bahasa itu.

Orang bertipe ini aktif berlatih dan tidak bergantung hanya pada buku atau guru. Mereka selalu mencari ke sempatan untuk dapat mendengarkan bahasa asing atau bahasa Inggris melalui siaran-siaran di radio atau televisi, dan tidak segan atau malu untuk mencoba menggunakan bahasa itu dalam percakapan. Bagi mereka, mempelajari bahasa asing bukan merupakan hal yang sulit karena mereka menyukainya. Dengan demikian, Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris karena Motivasi menjadi salah faktor penting agar Anda mahir bahasa Inggris. Sebagai Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris paling baik dan tidak terhalang oleh faktor usia, kondisi, dan tempat.

3. Kemampuan Menguasai Bahasa Inggris karena Kesempatan (Opportunity)

Yang dimaksud dengan kesempatan mencakup semua kegiatan belajar baik, di dalam maupun di luar kelas, di mana siswa secara aktif berlatih menggunakan bahasa yang sedang dipelajarinya. Mengingat tujuan akhir dari belajar bahasa adalah menggunakan bahasa untuk berkomunikasi, maka kesempatan berlatih merupakan hal yang mutlak yang tidak saja diciptakan oleh guru, tetapi juga harus diusahakan oleh siswa.
Metode yang banyak menggunakan latihan berkomunikasi adalah Communicative Approach (Pendekatan Komunikatif) yang muncul pada awal tahun 1970.

Dalam kegiatan belajar yang memakai pendekatan ini, siswa banyak mendapatkan tugas dari guru yang harus diselesaikan dalam kelompok kecil atau berpasangan dengan menggunakan bahasa yang sedang dipelajari. Biasanya siswa yang aktif akan lebih maju daripada siswa yang enggan berlatih.
Manfaat berlatih telah pula dibuktikan secara ilmiah oleh Philip P. J. pada tahun 1960, dimanahasil penelitiannya menunjukkan bahwa siswa mampu mengingat:

Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris

Dari data di atas dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berbicara dan menjalankan suatu peran seperti dalam simulasi akan lebih diingat oleh siswa, daripada bila siswa hanya duduk dan mendengarkan penjelasan guru.
Perlu diingat kesempatan belajar bahasa asing atau bahasa Inggris juga dapat diperoleh di luar kelas dan bila hal itu dilakukan dengan sungguh-sungguh, maka akan sangat membantu keberhasilan siswa.

Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa InggrisDari ketiga faktor Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris yang telah dikemukakan di atas, sangat sulit untuk menentukan faktor mana yang paling penting karena satu sama lainnya saling berhubungan.
Seseorang yang memiliki bakat dan motivasi yang tinggi, tetapi tidak memiliki kesempatan untuk belajar tidak mungkin dapat menguasai bahasa asing atau bahasa Inggris.
Sebaliknya, jika kesempatan terbuka lebar tetapi motivasi rendah atau kurang berbakat, maka proses belajar bahasa akan berjalan lambat.

Namun, yang pasti dapat disimpulkan bahwa setiap individu yang ingin berhasil dalam mempelajari bahasa asing harus memiliki ketiga faktor ini, yaitu BAKAT, MOTIVASI, dan KESEMPATAN.

Demikian artikel Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris kami jelaskan untuk Anda yang ingin lebih mahir menguasai bahasa Inggris atau bahkan bahasa asing lainnya. Metode ini bersipat umum, bagi siapa saja yang hendak belajar menguasai bahasa non-ibu.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Faktor Penunjang Keberhasilan Belajar Bahasa Inggris
Rating
5
FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInBlogger PostBagi ilmu ke teman..