Kemampuan bahasa yang di dalamnya tercakup kemampuan: Berbicara (Speaking), Mendengarkan (listening), Membaca (Reading), dan Menulis (Writing). Semua aspek tersebut sangat bergantung pada luasnya perbendaharaan kata (vocabullary) yang dimiliki seseorang.

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris
Hal ini disebabkan karena kosakata memegang peranan sebagai pengemban arti dan merupakan alat untuk menyatakan suatu gagasan.
Dengan demikian bila seseorang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, atau memiliki nilai tinggi dalam tes-tes bahasa Inggris standar seperti TOEFL, TOEIC, atau GMAT, maka penguasaan perbendaharaan kala yang luas merupakan suatu keharusan.

Berikut ini akan dipaparkan tiga hal yang perlu diketahui dalam cara belajar kosakata bahasa Inggris:
1. Jumlah kata yang perlu dipelajari,
2. Cara meningkatkan perbendaharaan kosakata, dan
3. Manfaat pengulangan (review)

1. Jumlah Kosakata Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Berapakah jumlah kata yang perlu dikuasai oleh seseorang untuk dapat dikatakan mahir berbahasa Inggris? Sebelum menjawab pertanyaan ini perlu diketahui lebih dahulu beberapa fakta penting mengenai bahasa Inggris.
Bahasa Inggris adalah bahasa yang sangat kaya akan perbendaharaan kosakata, yang diperkirakan mencapai hampir dua juta kata. Mackey (1965) mengatakan bahwa jumlah perbendaharaan kosakata bagi orang dewasa bergantung pada tingkat pendidikannya, yaitu berkisar antara 10.000 bagi orang yang tidak mengikuti pendidikan di perguruan tinggi, sampai 150.000 bagi seorang ilmuwan, sedangkan mahasiswa rata-rata memiliki sekitar 60.000-100.000 kata.

Bagi mereka yang bukan penutur asli, sampai saat ini belum dapat ditentukan secara pasti berapa jumlah kata yang harus dikuasai. Namun beberapa penulis memperkirakan bahwa jumlah kata yang dibutuhkan oleh seseorang untuk memahami bacaan yang berbahasa Inggris seperti koran, majalah, dan bacaan umum dibutuhkan kurang lebih 30.000 kata.

Jumlah tersebut tidaklah mudah untuk dipelajari begitu saja, dan ini dapat membuat mereka yang ingin mempelajari bahasa Inggris menjadi kecil hati duluan. Betapa tidak, karena untuk dapat menguasai perbendaharaan kata sejumlah itu akan dibutuhkan waktu kurang lebih 8 tahun: bila seseorang sanggup menghafalkan 10 kata sehari tanpa pernah lupa.
Namun demikian, perlu dijelaskan bahwa jumlah kata di atas sebagian besar merupakan kata yang hanya perlu dikenal secara pasif (recognition vocabulary), yaitu kata yang dapat dimengerti seseorang pada saat ia membaca atau mendengar kata itu.

Dan pada umumnya recognition vocabulary yang dimiliki seseorang jauh lebih banyak dari perbendaharaan kata aktif (productive vocabulary), yaitu kata yang dapat secara mahir dipakai dalam berbicara dan menulis.
Bahkan menurut pengamalan Mackey, jumlah kata yang dipakai untuk berkomunikasi sehari-hari hanya berkisar 2000 kata.

2. Cara Meningkatkan Pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris

Banyak cara yang dipakai orang untuk menambah perbendaharaan kosakata. Ada yang mempelajari kosakata dengan mengelompokkan kata berdasarkan topik seperti makanan, pakaian, kesehatan, dan sebagainya; ada yang dengan menulis kata baru berkali-kali sampai hafal; dan ada juga yang memakai kartu-kartu kecil yang memuat kata baru pada salah satu sisi sedangkan terjemahan atau definisi dari kata itu pada sisi lainnya.

Semua cara di atas cukup baik, namun dalam artikel Cara Meningkatkan Pembendaharaan Kosakata Bahasa Inggris ini akan ditambahkan dua strategi yang dirangkum dari pendapat beberapa penulis, seperti Elizabeth Morse Cloley, Rinsky dan O’brien, dan Nan Levinson, yaitu:

1. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Memanfaatkan Konteks

Hampir setiap kata dalam bahasa Inggris mempunyai beberapa arti yang berbeda tergantung dari pemakaiannya dalam kalimat. Oleh sebab itu, salah satu strategi untuk belajar suatu kata adalah dengan memanfaatkan konteks di mana kata itu digunakan.
Dengan melihat konteks, seseorang bukan saja dapat menafsirkan arti suatu kata, tetapi juga dapat mengetahui bagaimana memakai kata itu dalam konteks yang tepat.
Sebagai contoh, bila seseorang membuka kamus untuk mencari kata “tender”, maka akan didapat paling sedikit 5 arti yang berbeda tergantung dari pemakaiannya dalam kalimat. Beberapa di antaranya adalah sebagai berikut:
1. The meat is tender. (Daging itu lunak)
2. He has a tender heart. (Dia berhati lembut)
3. He got married at a tender age. (Dia menikah pada usia muda)
4. He is a bar tender. (Dia pelayan bar)
5. He sent in a tender for a newbridge. (Dia menyerahkan penawaran untuk pembangunan jembatan itu)

31-made-easy

Salah satu sarana yang dapat memberikan konteks adalah bacaan. Sehubungan dengan itu Krashen dalam sebuah artikelnya yang berjudul We Acquire Vocabulary and Spelling by Reading: Additional Evidence for the Input Hypothesis, mengatakan bahwa tidak ada cara yang lebih efektif dan menarik untuk mengembangkan perbendaharaan kata selain membaca.
Dengan demikian bila seseorang banyak membaca, maka secara tidak langsung ia juga mengembangkan perbendaharaan kata.

2. Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris dengan Menguraikan Kata

Sebagian besar kosakata dalam bahasa Inggris merupakan kosakata bentukan yang terdiri dari tiga unsur, yaitu akar kata, awalan, dan akhiran. Masing-masing unsur ini memegang peranan sebagai penentu arti dari suatu kata.
Oleh sebab itu, sangatlah penting untuk mempelajari dan mengerti fungsi dari masing-masing unsur tersebut. Bahkan menurut Nan Levinson (1986), dengan mempelajari akar kata dan awalan, seseorang dapat menambah perbendaharaan kata sampai 25.000 kata.
Hal ini dimungkinkan karena dengan mengerti akar kata dan awalan yang membentuk suatu kata, seseorang dapat mengetahui arti kata itu tanpa harus menggunakan kamus.

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris
Selain itu, pengertian akan unsur-unsur kata ini akan membuat seseorang lebih mudah mengingat arti dari suatu kata. Sebagai contoh, kata progress terdiri dari awalan pro yang berarti maju atau ke depan dan gress yang berarti bergerak atau melangkah, sehingga progress dapat diartikan sebagai maju atau berkembang.
Dari akar kata gress ini dapat juga di bentuk beberapa kata lain seperti congress, digress, egress, regress, retrogress, dan transgress. Dari perpaduan arti antara akar kata dan awalan yang berbeda-beda ini dapat diketahui arti masing-masing kata sebagai berikut:
• “con” (dengan, bersama): Congress = maju bersama
• “e” (di luar): egress = melangkah ke luar
• “di” (dua): digress = menyimpang
• “re” (kembali lagi): regress = mundur
• “retro” (ke belakang): retrogress = mundur
• “trans” (melewati): transgress = melanggar

Bila akar kata dan awalan berguna untuk menentukan arti dari suatu kata, maka akhiran berguna untuk menentukan fungsi dari suatu kata dalam kalimat.
Misalnya akhiran ion mengubah kata kerja digress menjadi kata benda digression, dan akhiran ive membuat kata itu menjadi kata sifat digressive yang kemudian dapat juga menjadi kata keterangan digressively bila kata sifat ini ditambah dengan akhiran -ly

3. Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris Melalui Pengulangan (Review)

Mengetahui strategi belajar yang bagus saja, belum cukup untuk membuat seseorang berhasil menambah dan menguasai perbendaharaan kata.
Banyak siswa yang mencoba mempelajari kata-kata baru mengeluh karena sebagian besar dari kata yang sudah pernah mereka pelajari ternyata tidak mereka ingat lagi.
Dalam buku Learning to Learn English, Gail Ellis dan Barbara Sinclair mengatakan bahwa pada umumnya orang akan lupa 80% dari apa yang dipelajari dalam jangka waktu 24 jam bila tidak ada pengulangan, seperti yang terlihat dari grafik 1 berikut ini.

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris

Kemudian dalam grafik 2, ditunjukkan bagaimana pengulangan secara teratur dapat membantu seseorang untuk mengingat apa yang telah dipelajari.

Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris
Perlu dijelaskan bahwa pengulangan harus dilakukan pada waktu kita masih ingat apa yang kita pelajari yaitu kira-kira 10 menit setelah belajar, kemudian dilanjutkan dengan pengulangan kedua setelah 24 jam, pengulangan ketiga setelah 1 minggu, dan keempat setelah 1 bulan. Mengingat pentingnya pengulangan, maka setiap orang yang mengambil keputusan untuk belajar atau menyusun program belajar perlu juga menjadwalkan waktu untuk melakukan pengulangan (review).

Demikian artikel tentang Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris yang harus dipahami sebelum Anda meningkatkan penguasaan pembendaharaan kosakata bahasa Inggris. Tips ini semoga membantu Anda secara efektif dalam proses belajar bahasa Inggris secara mudah, cepat, dan tepat.

 

Download Inovasi Belajar Mudah, Cepat, dan Praktis Menguasai Materi Tes dan Ilmu Pengetahuan

Tes TOEFL, Ujian Nasional, Tes CPNS, SBMPTN, CAT CPNS

Summary
Date
Item
Cara Meningkatkan Kosakata Bahasa Inggris
Rating
5
FacebookTwitterGoogle+PinterestLinkedInBlogger PostBagi ilmu ke teman..